21 Maret 2008

FAQs Layanan Ventus

1. Apakah push teknologi itu ?
Push Technology
adalah sebuah teknologi yang dikembangkan untuk melakukan konvergensi antara multimedia aplication dan mobile access, dimana dimungkinkan untuk melakukan pengiriman aplikasi-aplikasi kritikal seperti email atau CRM ke terminal handphone melalui mobile/wireless network.
Hal ini terjadi adanya sebuah relay server yang berfungsi untuk melakukan pengiriman informasi atau sebagai mediasi pengiriman aplikasi antara IP network dengan Mobile network.

2. Apa itu VENTUS ?
VENTUS
adalah layanan push email atau secure always-on email yang merupakan jasa nilai tambah dan konvergensi dari layanan surat-menyurat elektronis (email) dan mobile systemcellular/wireless), yang dimungkinkan lewat relaying terhadap email yang selama ini diterima lewat desktop atau laptop ke smartphone atau PDA phone.

3. Apa bedanya Push Email dan Pull Email ?
Karena saat ini pun saya sudah bisa mendownload email dari handphone saya lewat GPRS network.
Ada beberapa hal prinsip yang membedakan push email dan pull email
• Push email memberikan sms-like experience. Kita akan menerima email seperti kita menerima sebuah sms. Bahkan cara respondnya pun akan sama
• Sepanjang aplikasi ON dan GPRS ON maka kita akan terus menerima email secara real time
• Fasilitas sinkronisasi antara desktop dan handphone over the air, tanpa harus melalui cradling, baik untuk email maupun calender.
• Security system end to end dengan metoda enkripsi 128 bit AES (advanced encryption system) sehingga menjamin keamanan data.
• Setiap email akan dikompres dua kali, sehingga size nya berkurang 50%, ini akan mengurangi beban GPRS.
• Bisa dipergunakan oleh corporate yang selama ini tidak membuka akses POP3/IMAP nya dari network luar

4. Apakah VENTUS melakukan mirror terhadap mail box pada desktop ke handphone?
Analogi dari layanan VENTUS ialah 'memboyong' semua kemampuan penerimaan dan pengiriman email dari desktop ke dalam smartphone atau PDA phone yang terhubung kepada network GPRS TELKOMSEL (global packet radio system) atau PDN TELKOM FLEXI (packet data network). Sehingga apa yang terjadi pada desktop terjadi pula pada smartphone (mirror)

5. Bagaimana VENTUS bisa mengirimkan email dari mail server ke handphone ?
VENTUS dapat mengirimkan email ke handphone karena ada tiga komponen teknologi yang saling bekerja, yaitu :
• Push Connector (berada di sisi corporate client). Perangkat ini didesain untuk diletakkan di sisi network corporate. Dapat dijalankan oleh IT administrator corporate users yang memungkinkan baginya untuk melakukan fungsi-fungsi administrasi. Kebutuhan hardware sebuat PC 1 GHz, 512 RAM, 20 MB free disk space
• Relay Server : Relay server adalah sebuah sistem yang didesain untuk menghubungkan Push Connector dan Push Client
• Push Client : Push Client berada pada user Smartphone dan PDA phone, yang berfungsi untuk melangsungkan koneksi ke Relay Server melalui koneksi TCP/IP lewat GPRS atau PDN network sehingga mampu melakukan True Push dari Relay Server ketika sebuah email baru tiba atau terjadi perubahan pada Calender.

• Untuk informasi lebih lanjut, silahkan cek disini


Sumber : telkom.net

Tidak ada komentar: