Ada kesalahan di dalam gadget ini

04 April 2008

Cara Aman Bertransaksi On-Line

Dengan kemajuan teknologi internet, memungkinkan kita melakukan transaksi jual beli tak terbatas ruang dan waktu secara mudah dan cepat. Ada beberapa sarana pembayaran yang dapat digunakan, misalnya credit card, e-gold, evo cash, e-bullion atau internet banking. Namun seringkali kita merasa takut dan khawatir untuk melakukan transaksi secara online, mengingat ada banyak berita mengenai pembobolan kartu kredit, penyalah gunaan kartu kredit dsb.
Berikut ini kami mencoba memberikan beberapa tips yang dapat meminimalkan peluang terjadi hal tersebut :

1. Usahakan agar anda tidak menggunakan komputer publik seperti di warnet dsb. Komputer publik, terlebih lagi di warnet, tidak menutup kemungkinan sang pemilik atau pengelolanya mengaktifkan script-script yang ditugaskan untuk mencatat atau memata-matai apa yang anda lakukan. Saat ini juga sudah ada banyak hardware khusus yang dihubungkan pada kabel keyboard yang akan mencatat semua yang anda ketikkan melalui keyboard tersebut (keyloger). Dengan komputer pribadi, anda dapat secara rutin melakukan pemeriksaan pada hardware anda, apakah ada hardware baru yang terpasang tanpa sepengetahuan anda. Selain itu rutinlah untuk melakukan pembersihan terhadap script trojan dan cookies (ada banyak program untuk melakukan hal ini yang dapat diperoleh secara gratis dan tidak melanggar UU HAKI).

2. Apabila anda tidak sedang dalam keadaan online (connect to ISP) awasilah modem anda. Apabila lampu indikator send / receive data pada modem anda berkedip-kedip, anda perlu waspada. Hal tersebut dapat merupakan tanda-tanda kerusakan modem atau ada yang berusaha mengirim data anda pada saat tidak online (biasanya saat online, script semacam itu akan numpang untuk mengirim data anda). Matikan saja modem anda saat tidak online atau rutinlah untuk melakukan pembersihan trojan & cookies.

3. Jangan memberikan nomor kartu kredit anda kepada seseorang yang tidak anda kenal. Ada email yang berisi penawaran untuk melakukan pendebitan otomatis dari account kartu kredit anda dengan harga yang sangat murah.

4. Biasakanlah dan jadikanlah suatu keharusan untuk selalu mengklik tombol logout, logoff atau sign out pada account internet banking atau account keuangan online anda lainnya.

5. Bila memungkinkan, mintalah jaminan dari pihak bank penerbit kartu kredit anda untuk selalu melakukan konfirmasi secara real time (langsung kepada anda melalui telepon) apabila ada transaksi pembelanjaan melalui kartu kredit anda. Cara ini sangat amat aman, namun banyak bank yang tidak mau melakukannya.

Sumber : www.pintunet.com

2 komentar:

Jakarta Links mengatakan...

NEW !!! for Jakarta City.
www.jktlinks.com

Free to make a link on our page this month!!!
You don’t have a site yet…we make it.
We offer complete package for great prices.

Best regards.
Jeffrey & Feggy
Managing Director
Jakarta links

Webshop: http://webshop.jakartalinks.com

taruhan bola mengatakan...

terima kasih sekali atas input data ttg "Cara aman bertransaksi On-Line" sehingga kita bisa terlepas dari hal2 yg tidak kita inginkan

Bandwidth Speed Test